Sosialisasi Empat Pilar, Hj. Emma Yohanna Mengajak Masyarakat Mencintai Adat dan Budaya

Lembah Gumanti – Anggota DPD/MPR RI RI Hj. Emma Yohanna melaksanakan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yakni Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika kepada masyarakat dan pemuda yang berdomisli di kecamatan Hiliran Gumanti, Lembah Gumanti dan Danau Kembar, Convention Hall Danau Diatas, Kabupaten Solok belum lama ini. Pada kesempatan itu, Hj. Emma Yohanna mengajak masyarakat mencintai adat dan budaya ditengah perkembangan arus globalisasi.

“Jepang dan Korea sebagai negara maju yang masih mencintai seni dan budaya karena ditanamkan sejak dini kepada masyarakatnya,” ujar Hj. Emma Yohanna dihadapan masyarakat Kecamatan

Menurut Hj. Emma Yohanna, pemahaman adat dan budaya minang sangat penting dilakukan terutama bagi generasi muda terhadap adat istiadat kian menepis. Pengaruh degradasi budaya di kalangan generasi muda Sumbar sebagai orang minang sangat terasa. Permasalahan tersebut juga disebabkan arus era globalisasi yang ditandai dengan perkembangan teknologi dan informasi.

Untuk itu Hj. Emma Yohanna mengajak masyarakat untuk mempedomani pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa yang sangat menjunjung tinggi keberagaman. Pancasila merupakan jawaban atas perbedaan suku, agama dan golongan yang jumlahnya sangat banyak di indonesia.

“ Untuk itulah penting bagi kita semua menjadikan pancasila dalam menjaga seni dan budaya agar tetap berkembang,” kata Senator dari Sumatera Barat itu

Tokoh masyarakat, Syafrudin mengharapkan agar pemahaman pancasila dan bhinneka tunggal ika semakin diperkuat dengan menghidupkan kembali penataran P4 (Pedomanan Pengahayatan dan Pengamalan Pancasila) yang pernah dilaksanakan pada era presiden Soeharto.

“Tidak semua pada era Soeharto salah, yang bernilai positif juga penting kita ambil diantaranya kegiatan P4 yang sangat bermanfaat,” katanya.

Related posts