Sukseskan Pemilu, BADKO HMI SUMBAR Daftarkan Diri Jadi Pemantau

Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Sumatera Barat mendaftarkan diri sebagai lembaga pemantau pemilu ke BAWASLU Sumatera Barat pada Juma’t (29/3). Pendaftaran ini merupakan tindak lanjut dari telah diterbitkanya sertifikat terakreditas pemantau Pengurus Besar (PB) HMI oleh BAWASLU RI beberapa waktu lalu.

Bertempat di kantor BAWASLU Sumatera Barat, Ketua Umum BADKO HMI Sumatera Barat menyerahkan langsung persyaratan dan beserta daftar nama pemantau kepada Komisioner bawasalu. Sebanyak 56 orang kader yang berasal dari 10 cabang HMI se-sumatera barat telah di SK kan oleh pengurus BADKO sebagai Pemantau.

“Pemilu adalah wadah demokrasi bagi setiap anak bangsa, dan setiap anak bangsa harus berperan dan ikut serta dalam menyukseskan pemilu. Kami sebagai bagian dari anak bangsa ingin ikut andil dalam menyukses pemilu serentak 17 April 2019, maka dari itu kita ikut membantu bawaslu dalam pemantauan.” Ungkap Ketua Umum BDAKO HMI Sumatera barat, Wendi Juli Putra.

Sementara itu Komisioner Bawaslu Sumbar Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Vifner SH MH Meneranerangkan ada 5 lembaga pemantau yang sudah mendaftar ke BAWASLU SUMBAR. Vifner Berharap pemantau pemilu yang sudah terdaftar dapat membantu menyukseskan pemilu dan dapat meningkatkan kesadaran serta peran serta masyarak dalam memantau pemilu.

“Kami dari bawaslu sangat merespon positif niat baik adik-adik HMI untuk ikut andil dalam pemantauan. sebagai lembaga independen tentunya kami sangat menginginkan pemilu serentak ini dapat berjalan lancar dan aman, tentunya hal ini bisa terwujud jika masyarakat sadar dan ikut serta dalam pemantauan.” ungkap Vifner yang di temui di ruang kerjanya.

Menurut Vifner, peran-peran masyarakat yang aktif dalam membantu Bawaslu untuk mendorong partisipasi masyarakat dan melakukan pemantauan baik secara kelembagan maupun personal harus didukung, karena itu merupakan mitra Bawaslu dalam pengawasan pemilu 2019.

Related posts