BADKO HMI Sumbar : Merajut Persatuan Bangsa Pasca Pemilu 2019

Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Sumatera Barat periode 2019 menyeru masyarakat agar tetap memperkuat silaturrahmi umatan dan kebangsaan pasca pemilu 2019. Seruan ini disampaikan pada Press Conference dengan tema “Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa Pasca Pemilu 2019” di Mahakam Cafe Padang (3/5)

Hal itu didasari atas kondisi pasca pemilu dan gonjang-ganjing di tengah-tengah masyarakat, saling klem kemenangan serta saling tuding kecurangan. Kondisi tersebut bisa dikatakan sangat meresahkan dan mengganggu keutuhan persatuan bangsa yang sudah terbangun selama ini.

“Pemilu serentak sudah selesi dilaksanaan, dan proses perhitungannya saat ini masih terus berlangsung hingga 22 Mei mendatang melalui ketetapan resmi KPU, namun saling klim, saling tuding kemanag dan adanya kecurangan seakan suara itu terus menyeru di tengah-tengah masyarakat, tentunya kita tidak ingin perbedaan yang ada membuat bangsa ini terpecah belah,” kata Ketua Badko HMI Sumatera Barat Wendy Juli Putra dalam keterangan resminya kepada awak media, Jumat ( 3/5).

Wendi menambahkan, kondisi yang ada sudah sampai pada level sangat meresahkan masyarakat termasuk di Sumatera Barat sendiri. Oleh karena itu, Badko HMI Sumbar mengajak masyarakat untuk memperkuat tali silaturrahmi keumatan dan kebangsaan.

“Ini yang sangat penting, memperkuat silaturrahmi keumatan dan kebangsaan, menjaga persatuan dan keharmonisan, tentunya setiap laipsan masyarakat untuk cerdas dalam menerima informasi pasca pemilu ini, tetunya dalam rangka menjaga demokrasi yang sehat dan tidak terprovokasi oleh berita hoax,” ujarnya.

Semantara itu Renol F. Asdi selaku Wasekum Bidang Politik dan Hubungan Pemerintahan BADKO Sumbar berharap masyarakat sumbar tidak bersikap reaktif menyikapi isu-isu yang beredar belakangan ini di media masa.

“ya kita sebagai bagian dari mahasiswa sangat tidak menginginkan perpecahan di tengah-tengah masyarakat, indonesia ini sudah berbeda sejak jaman prakerdekaan, jadi kami menghimbau mari kita bersatu untuk persatuan umat dan bangsa indonesia” ungkap Reynol yang di temui usai Press Conference

Tidak hanya itu, pengurus BADKO HMI Sumbar melalui ketua umumnya juga mengajak masyarakat untuk bersabar menunggu serta memberikan kesempatan kepada KPUuntuk melakukan real count secara profesional, adil dan amanah, guna menghasilkan pemilu yang berkualitas sesuai aturan yang berlaku.

“Jika ditemukan kecurangan silahkan laporkan sesuai aturan konstitusi ke lembaga terkait, kita ada Bawaslu yang berwenang menangani pelanggaran dan juga ada DKPP, silahkan dilaporkan” ajak Wendy.

Mantan ketua Bidang Pembinaan Aparatur Organisasi HMI cabang Padang itu juga meminta elit partai politik untuk menghentikan segala agitasi yang dapat memecah umat dan bangsa.

“Kami (Badko HMI) siap menjadi barisan terdepan dalam melawan tindakan inskonstitusional oelh para oknum yang mencoba memecah belah NKRI,” tegasnya sembari turut menyampaikan dua mendalam kepada penyelenggara pemilu yang gugur dalam menjalankan tugas di Pemilu 2019 ini.

  1. Ketum Badko HMI Sumatera Barat, Wendy Juli Putra bersama jajaran pengurus dalam jumpa persnya terkait kondisi masyarakat pasca pemilu serentak 2019

Related posts