Menilik Kaum Muda Hari Ini

Oleh: Renol F. Asdi

Ketika kemajuan peradaban, ilmu dan teknologi, seharusnya juga diikuti dengan kemajun kualitas dari setiap lapisan masyarakat terutama kaum muda. Kaum muda yang merupakan Agen Of Change (agen perubahan) seharusnya tidak lagi kehilangan orientasi ditengah-tengah melejitnya kemajuan peradaban. Perubahan-perubahan yang terjadi seharunya di motori oleh kaum muda yang berilmu dan berpengetahuan luas.

Padas era serba moderen ini tidak lagi kita rasakan kerelevanan kemajuan ilmu dan teknologi dengan kemajuan kualitas kaum muda yang merupakan pendorong dan penggagas kemajuan sebuah peradaban. Kaum muda hanya terkesan sebagai penikmat kemjuan, bukan lagi motor dari kemajuan tersebut. Banyak di antara kita kaum muda sekarang seolah tak lagi tau maupun peduli dengan tugas dan kewajiban kita sebagai lapisan masyarakat.

Kaum muda mempunyai peran penting dalam terjadinya perubahan-perubahan sosial di lingkungan sekitar, maupun di ruang lingkup yang lebih luas. Untuk memposisikan diri sebagai agent of change, maka sebelumnya kaum muda harus memastikan diri telah siap menjadi generasi pengubah, bukan malah menjadi objek masalah yang terjadi di lingkungannya. Pemuda harus memulai menggali karakter khas yang dimilikinya, karena pada dasarnya setiap pemuda memiliki sifat-sifat khas, antara lain kreatif, kritis, optimis, serta mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Sebgai suatu episode perkembangan yang berada pada titik tertingginya, sangat ideal bagi seorang pemuda untuk melakukan hal apapun demi memenuhi tuntutan kewajiban sebagai agen of change.

Apa yang terjadi dengan kaum muda sekarang ini, seharusnya menjadi perhatian semua lapisan masyaraka. Kaum muda seakan mengalami degradasi moral, terlena dengan kesenangan dan lupa akan tanggung jawab dan peranya sebagai agen perubahan, agen pembangunan dan agen moderenisasi. Tataran moral, sosial dan akademik, kaum muda tidak lagi memberi contoh dan keteladanan baik kepada masyarakat

Peranan kaum muda seharusnya mampu memberikan solusi-solusi bagi setiap permasalahan yang ada dilingkungannya, bukan malah menibulkan masalah. Kaum muda seharusnya dapat menjadi pemersatu dalam lapisan masyarakat, untuk menggapai sebuah kemajuan dan perubaha yang lebih baik. Kaum muda sangat diharapkan berperan dalam membangun peradaban, kembali eksis menjalankan sistem kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Related posts

Leave a Comment