Alumni UNP dan Fungsionaris DPD KNPI Dukung Pemberian Gelar Dr (H.C) Megawati

megawati soekarno putri

Presiden kelima indonesia Megawati Soekarno Putri akan di anugrahi gelar Doktor Honoris Causa oleh Universitas Negeri Padang. Upacara penyematan gelar Doktor HC Kedua Megawati ini direncanakan akan dilaksanakan Rabu (27/09) di Gedung Auditorium Universitas Negeri Padang. Sebelumnya pada tahun 2013 Universitas Padjajaran telah menganugrahkan gelar Doktor HC kepada megawati.

Dasar dari penganugrahan gelar Doktor kepada sesorang atau tokoh adalah PERMENRISTEK No. 65 Tahun 2016, dalam permen tersebut disebutkan pada pasal 1 “Gelar doktor kehormatan (Doctor Honoris Causa) merupakan gelar kehormatan yang diberikan oleh perguruan tinggi yang memiliki program Doktor dengan peringkat terakreditasi A atau unggul kepada perseorangan yang layak memperoleh penghargaan berkenaan dengan jasa-jasa yang luar biasa dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan/atau berjasa dalam bidang kemanusiaan”

Penobatan gelar doktor kehormatan ini diberikan kepada individu yang memang telah berjasa luar biasa nyatanya dalam bentuk kontribusi nyata dan karya secara luas sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap jasanya.

Dikutip dari Harianhaluan.com rektor UNP Prof. Ganefri Ph.D menyatakan bahwa gelar doktor kehormatan diberikan karena rekam jejak Megawati yang cukup panjang dan fenomemal di bidang politik pendidikan. Megawati dinilai luar biasa berjasa dalam sistem pendidikan nasional ketika beliau saat menjabat sebagai presiden telah mengubah paradigma pendidikan nasional.

Sementara itu Gery Fernando yang merupakan alumni Fakultas Teknik UNP menyatakan “Banyak hal pembaharuan yang telah di lakukan Ibu Megawati dalam kepemimpinan beliau. Pembaruan yang dilakukan sebagian besar di bidang pendidikan dan politik. Megawati mampu menyelesaikan masalah pendidikan yang merupakan warisan pemerintahan Orde Baru,”

Masyarakat umum, alumni dan civitas akademika UNP sangat mengapresiasi pemberian gelar doktor kehormatan tersebut. Pemberian gelar kehormatan ini akan memberikan hal yang positif untuk kemajuan UNP kedepanya.

“Sebagai alumni UNP saya menilai ini merupakan gebrakan terbaik yang dilakukan rektor UNP. Bagi Universitas Negeri Padang sendiri ini merupakan pemberian gelar penghormatan pertama sejak berdirinya tahun 1954. Ibu Megawati merupakan sosok yang dipandang pantas untuk mendapatkan gelar pertama  Dr (H.C) dari UNP.” Tutup Gery yang juga merupakan fungsionaris DPD KNPI Sumbar. (RFA)

Related posts

Leave a Comment