Aliansi Mahasiswa Payakumbuh Limapuluh Kota Mengapresiasi Pemberian Gelar Peghormatan Megawati

Megawati Soekarnoputri

Puluhan mahasiswa mengatas namakan Aliansi Mahasiswa Payakumbuh Limapuluh Kota mengapresiasi pemberian gelar Doktor Honoris Causa (Dr H.C)  kepada presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri. Pemberian gelar penghormatan di bidang pendidikan politik tersebut dinilai tidak menyalahi aturan secara administratif.

“Pasalnya, pemberian gelar kehormatan tersebut sudah sesuai dengan regulasi yang ada, yaitu PERMENRISTEK No. 65 Tahun 2016.” Demikian siaran pers Aliansi Mahasiswa Payakumbuh Limapuluh Kota yang di terima suluahnagari.com, Minggu 24 September 2017.

Aliansi Mahsiswa yang bersal dari Payakumbuh dan Limapuluh Kota ini menilai penolakan dari berbagai pihak tidak memiliki alasan yang jelas. “Bagi sebagian orang yang tidak memahami regulasi pemberian gelar Doktor Honoris Causa saja yang mempermasalahkan, mereka bersekukuh dengan regulasi yang tidak berlaku lagi,” Ujar Renol yeng merupakan ketua aliansi mahsiswa Payakumbuh Limapuluh Kota melalui pesan whatsapp.

Renold menilai pemberian gelar kehormatan kepada megawati merupakan pengakuan UNP atas andilnya megawati untuk kemajuan pendidikan Indonesia.  Renold mengatakan “Ibu Megawati mampu menerapkan amanat Undang-Undang 1945 dalam pasal 31 dengan mengalokasikan anggaran APBN hingga 20% untuk pendidikan”.

Terkait penolakan, Renol sangat menyayangkan langkah tersebut. “Kita sangat menyayangkan rencana penolakan tersebut, mangkanya kita dari aliansi mahasiswa Payakumbuh Limapuluh Kota telah sepakat mendukung Rektor UNP dalam hal pemberian gelar kehormatan kepada ibu Megawati”.

Diakir pernyataan Renol yang juga Fungsionaris BADKO HMI Sumbar mengajak semua elemen civitas akademik Universitas Negeri Padang untuk mendukung penobatan gelar penghormatan tersebut, “Kita berharap hendaknya mahasiswa, dosen dan semua civitas akademika UNP mendukung kebijakan baik ini. Mahasiswa seharusnya jangan mau dikompori oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.” (RFA)

Related posts

Leave a Comment